Selasa, 06 September 2011

HALAL BI HALAL


Allah SWT pernah bersabda dalam hadist qudsy yaitu ketika anda membantu apapun kekurangan dari agamanya Allah SWT sama dengan anda membantu Allah SWT. Membantu agamanya Allah dengan membaca sholawat maka Gusti Allah akan membantu anda dalam segala bidang.
Kita semua berasal dari tanah dan nantinya akan kembali lagi ke tanah sesuai dengan firman Allah “Innalillahi wa inna ilaihi roji’un”.
Orang yang gemar membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW maka besok ketika dipundhut oleh Allah SWT akan mengalami kemudahan pada saat melewati jembatan shirotol mustaqim, yang jika dihitung panjang jembatan tersebut apabila tanpa membaca sholawat maka panjangnya adalah 1000 tahun perjalanan naik, 1000 tahun perjalanan turun dan 1000 tahun perjalanan datar dengan keadaan gelap gulita tanpa ada seberkas sinar apapun dan tepat dibawah jembatan itu adalah neraka jahannam yang menganga lebar.
Siapa saja orang yang ahli membaca sholawat, maka orang itu bukanlah ahli neraka dengan catatan boleh membaca sholawat asalkan perkara yang wajib jangan ditinggalkan.
Selain itu dalam menghadapi kematian selain bertobat kepada Allah dengan cara-cara diatas juga meminta ma’af kepada orang-orang yang pernah kita dholimi yang salah satu momennya adalah pada saat acara Halal bi halal.
Pengertian halal bi halal adalah sepuro lan nyepuro. Biasanya meminta ma’af gampang tetapi memberi ma’af itu yang sulit, maka dari itu Kanjeng Nabi pernah berpesan ayo jadi orang yang gampang memberi ma’af kesalahan orang lain.
Ada 3 perkara yang menjadikan orang islam berakhlaq mulia, yaitu :
  1. Antuktiya man haromak
Maksudnya adalah memberi seseorang yang orang tersebut tidak pernah memberi sesuatu kepada kita.
  2. Antak fuwa man dholama
Berilah ma’af kepada orang yang membuat kesalahan kepada anda.
  3. Sambunglah kembali tali persaudaraan yang putus atau memperbanyak silaturrahim kepada orang lain,  karena silaturrahim selain manfaat didunia tetapi juga manfaat di akhirat.
Selain itu barokah silaturrahim adalah
-          ucapan dan perbuatan yang baik dan ditambah dengan melakukan silaturrahim maka akan diparingi Allah SWT umur yang panjang.
-          Diberi oleh Allah kecukupan didalam menjalankan kehidupan ini.
-          Dan diberi jaminan keluarga yang tentram oleh Allah SWT.
Subhanallah.()

   
Dikutip dari :
GUS MUKHLISON (MOJOAGUNG)
Dalam pengajian rutin Pitulasan.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar